MATA PELAJARAN



Mata pelajaran beserta alokasi waktu berpedoman pada struktur kurikulum, meliputi:
a.   Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Meliputi :  Agama Islam, Kristen, Katolik.
mempertimbangkan kondisi sosial budaya masyarakat di lingkungan sekitar sekolah.
Tujuan :  - Memberikan wawasan terhadap keberagaman agama di Indonesia.
- Meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing.
b.   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
      Tujuan :  Memberikan pemahaman kepada siswa tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara serta pentingnya penanaman rasa persatuan dan kesatuan
c.   Bahasa Indonesia
      Tujuan :  Membina keterampilan berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa  Indonesia sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terahdap IPTEK.
       Catatan: Secara substantif, pembelajaran Bahasa Indonesia bercirikan: (1) tematis, (2) integratif, dan (3) komunikatif. Tematis: kegiatan pembelajaran dikemas menggunakan tema tertentu untuk mewujudkan peristiwa komunikasi. Integratif: kegiatan pembelajaran mengintegrasikan antara kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra dengan memadukan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Komunikatif: pendekatan yang digunakan adalah pendekatan komunikatif dengan mengutamakan kompetensi ekspresi, kompetensi strategi, kompetensi sosilolingustik, dan kompetensi kewacanaan.
d.   Bahasa Inggris
      Tujuan : Membina keterampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi  perkembangan IPTEK dalam menyongsong era global.
     Catatan:  Secara substantif, pembelajaran Bahasa Inggris bercirikan: (1) tematis, (2) integratif, dan (3) kemahirwacanaan. Tematis: kegiatan pembelajaran dikemas menggunakan tema tertentu untuk mewujudkan peristiwa komunikasi. Integratif: kegiatan pembelajaran mengintegrasikan antara keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Kemahirwacanaan: pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kemahirwacanaan (Literacy Approach) yang mengutamakan tahapan pembelajaran: (1) building knowledge of field (BKOF), (2) modeling, (3) joint construction of text (JCOT), dan (4) indipendent construction of text (ICOT).
e.   Matematika
      Tujuan  : Memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK
f.    Ilmu Pengetahuan Alam (Terpadu)
      Meliputi     : Fiska, Biologi, dan Kimia
      Tujuan  : Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa untuk menguasai dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan IPTEK
       Catatan:  Dalam pelaksanaan pembelelajarannya, IPA Terpadu itu menggabungkan berbagai bidang dari ketiga disiplin ilmu (Fisika, Kimia, dan Biologi) yang dibelajarkan sekaligus sehingga peserta didik dapat melihat hubungan yang bermakna antarkonsep Fisika, Kimia, dan Biologi. Pembelajaran terpadu menyajikan penerapan/aplikasi tentang dunia nyata yang dialami dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memudahkan  pemahaman konsep dan kepemilikan kompetensi IPA.
g.   Ilmu Pengetahuan Sosial
      Meliputi   : Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi
      Tujuan  : Memberikan pengetahuan sosio kultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki keterampilan hidup secara mandiri.
      Catatan  :  Dalam pelaksanaan pembelelajarannya, IPS Terpadu itu menggabungkan berbagai bidang dari keempat disiplin ilmu (Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi) yang dibelajarkan sekaligus sehingga peserta didik dapat melihat hubungan yang bermakna antarkonsep Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Keterpaduan keempat konsep tersbut dapat didasarkan pada tema/topik, potensi utama, atau permasalahan. Pembelajaran terpadu menyajikan penerapan/aplikasi tentang dunia nyata yang dialami dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memudahkan  pemahaman konsep dan kepemilikan kompetensi IPA.
h.   Seni Budaya
      Meliputi   : Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan Seni Karawitan
      Tujuan  :  Mengembangkan apresiasi seni, daya kreasi, dan kecintaan pada seni budaya nasional.
      Catatan   :  Mata pelajaran Seni Budaya yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kabuh tidak dapat mencakup keempat bidang kajian seni karena mempertimbangkan kemampuan sekolah dan kebutuhan siswa. Bidang kajian utama yang diselenggarakan di sekolah adalah seni rupa dan seni musik.
i.    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
      Tujuan  :  Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan keterampilan dalam bidang olahraga, menanamkan rasa sportivitas, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri pada siswa.
j.    Prakarya
Meliputi   : - Kerajinan, pemamfaatan teknologi sederhana, dan kewirausahaan
                
Tujuan   : Memberikan bekal keterampilan dibidang kerajinan, pemamfaatan teknologi sederhana, dan kewirausahaan serta memberikan keterampilan di bidang teknologi informatika dan keterampilan di bidang kerajinan dan teknologi sederhana yang sesuai dengan bakat dan minat siswa.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar